Tujuan Pendidikan Islam (Pendidikan Dasar dalam Islam)

Tujuan Pendidikan Islam (Pendidikan Dasar dalam Islam)

Tujuan adalah cita, harapan, sesuatu yang diharapkan oleh manusia dalam kegiatan apapun. Adapun Tujuan Pendidikan adalah perubahan yang diharapkan pada subjek didik setelah mengalami proses pendidikan, baik pada tingkah laku individu dan kehidupan pribadinya maupun kehidupan masyarakat dan alam sekitarnya, dimana individu hidup.

Sebagai pendidikan yang notabennya Islam, maka tujuannya pun harus selaras dengan syariat Islam. Tujuan pendidikan Islam menurut tokoh:

Dr. Ali Ashraf : ‘tujuan akhir pendidikan Islam adalam tujuan yang menyerahkan diri secara mutlak kepada Allah pada tingkat individu, masyarakat dan kemanusiaan pada umumnya”.

Syahminan Zaini; “Tujuan Pendidikan Islam adalah membentuk manusia yang berjasmani kuat dan sehat serta terampi, berotak cerdas dan berilmu banyak, berhati tunduk kepada Allah serta mempunyai semangat kerja yang hebat, disiplin yang tinggi dan berpendirian teguh”.

Menurut Abdul fatah Jalal, tujuan umum pendidikan Islam ialah terwujudnya manusia sebagai hamba Allah. Jadi menurut Islam, pendidikan haruslah menjadikan seluruh manusia yang menghambakan kepada Allah, yang dimaksud ialah manusia yang beribadah kepada Allah”.

Tujuan hidup manusia itu menurut Allah ialah untuk beribadah kepada Allah. Sebagaimana dalam surat a Dzariyat ayat 56, yang artinya:
“Dan Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada;Ku”.

Ibadah ialah jalan hidup yang mencakup seluruh aspek kehidupan serta segala yang dilakukan manusia berupa perkataan, perbuatan, perasaan, pemikiran yang disangkutkan dengan Allah.

Jadi tujuan pendidikan Islam adalah untuk melahirkan manusia yang ideal menurut Allah atau yang disebut dengan manusia yang beriman dan bertaqwa (menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya).
Manusia IDEAL menurut Allah yaitu:
1.Mengikuti petunjuk Allah yaitu panutan hidup (Al-Qur’an)
2.Manusia ideal adalah manusia yang menjalani hidup sesuai dengan aturan-aturan yang dibuat Allah
3.Manusia yang hidup dengan mengikuti petunjuk sang Khalik (Muttaqin)
Jadi manusia Ideal menurut Allah adalah manusia yang paling bertaqwa menjalani panutan syariat Islam.

Tujuan pendidikan sangat penting, dalam Islam, keberhasilan pendidikan, bukan semata-mata ditentukan oleh usaha guru, lembaga pendidikan atau usaha peserta didik, melainkan juga karena petunjuk dan bantuan dari Tuhan.

Dapat disimpulkan dari pernyataan-pernyataan di atas, bahwa Tujuan pendidikan Islam yaitu membentuk manusia yang Ideal sesuai panutan hidup untuk mencapai kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Risca Purnamasari

2 thoughts on “Tujuan Pendidikan Islam (Pendidikan Dasar dalam Islam)

  1. This post, “Tujuan Pendidikan Islam (Pendidikan Dasar dalam Islam) |
    unkonvensional” was in fact outstanding. I am printing out a replica to show
    my personal colleagues. Thanks for your effort,Darren

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s